Saturday, January 18, 2014

Edit Dokumen Office dengan Microsoft Office Web Apps

Office Web Apps
Bagi orang kurang mampu seperti saya, tentu membeli sebuah lisensi software  adalah hal yang memberatkan. Karena itu, saya suka yang gratis aja. :D

Gratis beneran lho, bukan hasil mbajak, ngecrack ato gimana caranya supaya software yang bayar jadi gratis. :O
Nah, salah satu kendala yang saya hadapi adalah software Office yang saya gunakan jauh berbeda dengan yang umumnya masyarakat banyak gunakan. Yup. Microsoft Office. ^__^

Software besutan raksasa Microsoft ini dikenal sakti mandraguna menghipnotis masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, ribuan bahkan jutaan masyarakat Indonesia menggunakannya, bahkan dibela-belain mbajak segala.

Kembali ke jalan yang benar. :D
Untungnya si Microsoft telah menyediakan media untuk menjembatani user komputer diseluruh dunia dengan membuat Web Apps Microsoft Office. Apa artinya? Jelas, meskipun saya seorang Linuxer yang kurang mampu ini bisa ikut menikmati fitur-fitur yang tersedia pada Microsoft Office meskipun tidak semua fitur bisa saya nikmati. Nah berikut sedikit gambaran bagaimana menggunakan Microsoft Office Web Apps :

Pertama, buka dulu browser anda, lalu pergilah kesini

Setelah itu akan nampaklah halaman seperti berikut :


 Klik "Start Using". Dan  kita akan dibawa ke halaman login


Mungkin memang sedikit merepotkan, namun memang untuk menggunakan Web Apps ini diperlukan user ID. Jika kita tidak berniat registrasi ke Microsoft, kita bisa gunakan "Sign in with a single-use code". Tapi menurut saya ini justru sedikit merepotkan, lebih mending kita registrasi. Memang sedikit memakan waktu, tapi gampang kok. :D


Setelah kita melakukan registrasi, login saja dengan akun yang sudah kita buat tadi. Jika berhasil, maka kita akan masuk ke home akun kita yang terlihat seperti gambar :


Nah, untuk uji coba, kita buat saja dokumen, misalnya kita buat dokumen dengan aplikasi "Word". Caranya klik "Create" lalu pilih saja "Word Document".


Tunggu sebentar ya... :D


Dan taraaaa... :D
Lembar kerja pun terbuka, cobalah untuk menulis sesuatu disana.


Lalu kita coba simpan dokumen yang sudah kita buat tadi. Tapi.... Dimana tombol "Save"nya yaa.... ;D

Tombol save pada "Word Web App" ini memang tidak tersedia. Karena secara berkala dokumen yang kita buat akan disimpan langsung ke akun kita.

Lalu bagaimana jika kita ingin mengedit dokumen kita yang ada di Hardisk atau media penyimpanan kita? Mudah saja, klik Upload lalu cari dokumen dimana kita berada. Misalnya saya akan mengupload slide dari dosen saya.



Tunggu sebentar....


Dan Taraa.. :D
Dokumenpun berhasil kita tambahkan ke akun kita.



Mungkin "Office Web Apps" memang tidak menyediakan fitur yang sama persis dengan aplikasi "Microsoft Office". Namun, hal ini cukup membantu bagi yang sedang menggunakan PC dan tidak ada "Microsoft Office"nya.

Semoga bermanfaat. ^__^d

No comments:

Post a Comment