Friday, July 6, 2018

Mendapatkan Informasi Dasar pada PC Menggunakan Python 3

Python
Dikarenakan kemampuan ngoding saya yang masih abal-abal dan dipertanyakan, maka saya berinisiatif membuat semacam cheat sheet (baca : kepekan) untuk diri sendiri atau bagi siapapun yang sedang perlu ngoding python. 

Cheat sheet ini saya buat dengan fokus "mendapatkan informasi dasar host/komputer" seperti username (yang mengeksekusi script), versi kernel, mendapatkan lokasi script saat dieksekusi, mendapatkan hostname dan sejenisnya.

Cheat sheet ini akan saya update setiap saya dapat hal baru tentang python 3. Jika ada kesalahan ato kekurangan pada cheat sheet ini, jangan ragu-ragu untuk meninggalkan komen pada kolom dibawah ato silahkan hubungi saya langsung via facebook, twitter atau telegram. Untuk respon cepat silahkan gunakan telegram, kontak saya tertera pada kolom sebelah kanan.

Sebelum menggunakan cheat sheet yang saya buat, mohon perhatikan dulu environment yang saya gunakan. Karena bisa jadi cheat sheet yang saya buat tidak berfungsi/tidak berfungsi secara penuh di environment yang ada gunakan. Dan jangan lupa untuk mengimport library yang saya definisikan pada environment.

Environment :
Operation System : Lubuntu 18.04 LTS
Python Version : 3.6.5
Library : os, sys, socket, time, datetime, subprocess
Library os
Mendapatkan  username/user yang mengeksekusi code
os.getlogin()
Mendapatkan  lokasi script saat di eksekusi.
os.getcwd()
Mendapatkan versi kernel
os.uname()

Library socket
Mendapatkan  username
socket.gethostname()

Libary subprocess
Eksekusi file shell script atau perintah shell, perhatikan value True.
subprocess.call("sleep.sh", shell=True)
Semoga bermanfaat. :)

No comments:

Post a Comment