Friday, August 17, 2018

Install Vim pada CentOS 7 dan Ubuntu 18.04

Vim Ubuntu-Centos
Vim adalah salah satu text editor (atau bahkan bisa menjadi IDE) yang powerfull dan banyak digunakan para linuxer atau sysadmin karena ringan dan dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan. Vim dikembangkan secara opensource, sehingga source code vim dapat kita unduh secara bebas dari repository github resmi milik vim.

Meski begitu, sepengalaman saya repository resmi milik ubuntu atau centos jarang memberikan versi terbaru vim. Sehingga kita tidak bisa langsung menikmati fitur dari versi terakhir vim. Karena itu saya akan share bagaimana cara memasang vim versi terakhir pada linux ubuntu atau centos.



Seperti biasa, sebaiknya sebisa mungkin anda menyamakan environment yang saya gunakan agar tutorial dapat berjalan dengan baik. Kali ini adalah centos 7 dan ubuntu 18.04. Dan saya menggunakan container untuk eksperiment, sehingga mungkin dependensi yang saya tuliskan cukup banyak karena image docker biasanya menggunakan image yang sangat minimalis. Bagi yang menggunakan linux centos
yum -y install gcc-c++ ncurses-devel python-devel wget zip unzip make git
bagi yang menggunakan linux ubuntu 
apt update && apt install -y gcc g++ python-dev libncurses5-dev libncursesw5-dev wget zip unzip make git
Selanjutnya kita download terlebih dahulu source code vim. Ada beberapa cara untuk mendapatkan source code vim. Kita bisa download versi terakhir vim menggunakan wget  (lebih recommended):
wget https://github.com/vim/vim/archive/master.zip
atau kita bisa clone dengan  perintah git (ukuran file lebih besar namun pilihan versi lebih lengkap) :
git clone https://github.com/vim/vim.git
Bagi yang menggunakan mendownload versi terakhir vim, kita perlu mengekstrak file master.zip. Kita bisa mengekstrak dengan perintah :
unzip master.zip
Kemudian, masuk ke dalam root project. Bagi yang menggunakan versi terakhir :
cd vim-master
Bagi yang mendownload lebih dari satu versi dan ingin mengganti ke versi yang lain :
cd vim && git checkout [versi]
note : jika anda tidak hafal dengan versi vim yang ingin anda install, kita bisa melihat daftar versi yang tersedia pada repository dengan perintah :
git tag --list
Selanjutnya, kita config terlebih dahulu source code vim sebelum kita compile :
./configure \
--disable-nls \
--enable-cscope \
--enable-gui=no \
--enable-multibyte  \
--enable-pythoninterp \
--with-features=huge  \
--enable-rubyinterp \
--with-python-config-dir=/usr/lib/python2.7/config \
--with-tlib=ncurses \
--without-x
Pastikan perintah diatas tidak menghasilkan error message. Kalau sudah, kita bisa mulai mengcompile dan menginstall hasil eksekusi config sebelumnya dengan perintah berikut :
sudo make && sudo make install
pastikan juga perintah diatas tidak menghasilkan pesan error. Jika proses instalasi berhasil, kita bisa memanggil vim dari terminal dengan perintah :
vim
Jika yang muncul seperti gambar berikut dan atau versi yang tertera pada vim sama dengan yang anda inginkan, maka anda berhasil menginstall vim ke linux anda.
Vim 8.1.0289
Semoga bermanfaat. :D

referensi :

No comments:

Post a Comment