Tuesday, September 3, 2019

Mengganti Hostname Linux

Kali ini saya cuma mau share barang sepele, tapi mungkin bisa jadi menarik bagi pemula dalam menggunakan GNU/Linux. Kita akan mengganti hostname atau dalam Windows disebut Computer Name. Computer name atau hostname setahu saya, biasanya digunakan untuk membedakan komputer jika kita bekerja dengan beberapa komputer sekaligus. Atau saat kita terhubung ke jaringan, Computer Name inilah yang akan muncul di router atau saat seseorang melakukan sniffing kedalam jaringan yang terhubung seperti wifi atau local area network di suatu tempat.

Kalo di Linux, hostname akan muncul pada saat kita membuka terminal atau login ke komputer menggunakan ssh. Dibawah ini adalah contoh hostname laptop yang saya gunakan. Disitu tertera alfin@Alfin-AO756. alfin adalah  username yang saya gunakan, dan Alfin-AO756 adalah hostname laptop saya Nah, saya ingin ganti hostname nya jadi AO765 saja.

Contoh hostname
Seperti biasa, first thing first. Environment yang saya gunakan saat membuat catatan ini:
OS : Lubuntu Desktop 19.04
Nano : GNU nano, version 2.9.3

Pertama kita edit file /etc/hostname. Bisa menggunakan teks editor berbasis GUI atau CLI. Saya menggunakan teks editor nano, bagi yang ingin menggunakan editor lain tinggal ganti nano dengan nama teks editor yang digunakan.
sudo nano /etc/hostname

Isi file hostname
Jika sudah di edit, simpan. Agar saat kita run perintah sudo tidak terjadi masalah, maka kita edit juga file /etc/hosts,ubah juga hostname yang ada pada file tersebut 
sudo nano /etc/hosts
hosts file
Kemudian logoff/logout atau bisa juga restart PC/Server. Kemudian login kembali.

Hostname sudah berubah

Semoga bermanfaat. :)

No comments:

Post a Comment