Sunday, January 5, 2020

Install Git Versi Terbaru di Linux Server

Git
Git adalah salah satu version control dan tool kolaborasi yang banyak digunakan oleh developer saat ini. Sehingga kebutuhan akan tersedianya git pada sistem, bisa di bilang menjadi hal yang utama dalam proses development.

Kali ini saya di beri tugas untuk handle dan explore VuFind, salah satu produk berbasis opensource  untuk mesin pencari katalog pada perpustakaan. Dan kebetulan, OS yang digunakan adalah Centos 6. Supaya tidak mengganggu sistem pada production, maka saya berinisiatif mendeploy server dengan OS Centos 6. 

Dan saya baru ingat, versi git yang tersedia di repository Centos 6 adalah versi yang lawas (kalo di server saya 1.7.1). Sehingga fitur-fitur baru git seperti git submodule dan sebagainya mungkin bisa jadi problem saat proses development. (Lihat lebih detail disini)
Git Versi Lawas
Seperti biasa, first thing first, berikut adalah spesifikasi yang saya gunakan saat menginstall git versi terbaru :
OS : CentOS 6.10
vCPU : 1
RAM : 1GB
Untuk distro Linux lain bisa mengikuti dengan mengadaptasikan perintah install ataupun nama package yang tersedia di repository (misalnya jika menggunakan ubuntu, maka perintah yum diganti apt dan nama package di adaptasikan dengan nama package di repo Ubuntu).

Pertama, install basic compiler pada server dengan menggunakan perintah :
sudo yum groupinstall -y "Development Tools"
Install dependensi tambahan yang diperlukan untuk mengkompilasi source code git :
sudo yum install -y unzip asciidoc xmlto curl-devel
Kemudian download source code terbaru git dengan perintah-perintah berikut, (pada catatan saya kali ini saya akan menginstall di folder /usr/local) :
cd /tmp
wget -O git.zip https://github.com/git/git/archive/master.zip
 extract file yang sudah kita download dengan perintah :
unzip git.zip
lakukan proses kompilasi dengan perintah berikut (ganti prefix sesuai dengan kebutuhan) :
cd git-master
make configure && ./configure --prefix=/usr/local
make all doc
selanjutnya install git dengan perintah :
sudo make install install-doc install-html
kemudian pastikan git yang terinstall adalah versi terakhir dengan perintah :
git --version
Versi Git yang Terinstall
Pada saat catatan ini dibuat, versi terakhir dari branch master git adalah 2.25.0-rc1, versi terakhir git bisa di cek disini.
Versi Git yang Tersedia
Silahkan tinggalkan komentar atau hubungi via email/telegram yang tertera di profil saya. Semoga bermanfaat.

referensi :

No comments:

Post a Comment