Monday, September 9, 2013

Mengembalikan GRUB Ubuntu

Apa itu GRUB??
Boleh baca disini. :D

Untuk mempermudah, GRUB bisa dibilang seperti manager sistem operasi dalam komputer kita. GRUB pada Distro Linux secara default akan terinstall saat kita mengginstall Distro Linux. Lalu apa yang mebuat grub ini rusak atau hilang? Banyak kemungkinan,misalnya kesalahan saat menginstall Distro Linux, bisa karena tertindih boot manager dari sistem operasi lain, dan lain lain.

Langsung saja, berikut adalah cara mengembalikan grub yang hilang :
  1. Sediakan bootable Distro Linux.
    Bisa kita buat dengan flashdisk atau kita bisa burn iso Distro ke CD/DVD. Usahakan Distro bootable yang dibuat sama dengan Distro yang akan dikembalikan GRUBnya. Kalau perlu versi rilisnya juga harus sama. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam sistem. Karena bisa jadi antara Distro satu dengan Distro lain menggunakan versi GRUB yang berbeda. Bagi yang belum bisa membuat bootable bisa baca disini
  1. Booting dengan bootable tadi, lalu buka terminal. Cari dimana partisi root Distro Linux kita dengan mengetikkan perintah dibawah.

    sudo blkid

    Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada gambar.

   
  1. Setelah kita tau pasti dimana partisi root Distro kita, mount partisi tersebut dengan mengetikkan perintah berikut

sudo mount /dev/sdaX /mnt

huruf “X” pada perintah diatas diganti sesuai dengan angka pada partisi root anda. Saat itu , root Distro saya berada pada "sda7".


  1. Setelah itu, install GRUBnya dengan mengetikkan perintah berikut :

sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda

apabila sobat melakukan mount di directory lain, tinggal mengganti parameter menjadi "--root-directory=/directory/mounting/yang/diinginkan /dev/sda"


  1. Jika sudah, seharusnya akan muncul pesan “Installation Finished. No error reported”. Setelah itu tinggal kita reboot saja. Jangan lupa untuk mencabut usb/cd/dvd bootable, agar tidak terjadi booting melalui media bootable tadi.


Gimana? Gampang kan? :D
Semoga bermanfaat. ^__^d





No comments:

Post a Comment