Tuesday, March 25, 2014

Menampilkan Teks Pada Aplikasi Android

Ada beberapa teknik untuk menampilkan teks atau string pada aplikasi Android, namun teknik yang saya tulis kali ini adalah dengan melakukan edit pada script xml yang ada pada source code aplikasi Android. Dalam tutorial ini saya asumsikan kita sudah membuat sebuah project aplikasi Android. Berikut adalah langkah sederhananya :

Buka folder res pada project yang sudah dibuat, masuk folder layout,  lalu edit dengan cara melakukan dobel klik pada script activity_main.xml. Setelah itu akan muncul tab baru workspace yang biasanya secara default sudah ada teks bertuliskan "Hello World".



Dobel klik pada teks "Hello World" tersebut sampai muncul tab baru dibawah dan mode editing berubah dari GUI menjadi mode text.

Setelah mode editing berubah menjadi text mode, perhatikan bagian script pada bagian "android:text="@string/hello_world"". Script tersebut secara gampangnya menyebutkan bahwa dia menampilkan isi dari variabel "hello_world" yang ada pada script "strings.xml" dimana script tersebut berada folder "values". Untuk mengganti variabel dan nilai dari variabel tersebut, dobel klik pada "strings.xml" hingga muncul tab baru untuk mengedit konten dari script "strings.xml"
 

Pada gambar diatas, ada "komponen" yang sudah dijelaskan tadi. Yaitu bagian value dari "name" yang berisi variabel "hello_world" adalah tempat dimana kita mendefinisikan nama variabel. Bagian lain yang harus diperhatikan lagi adalah teks yang diapit oleh tag "". Teks tersebut adalah teks yang akan ditampilkan pada aplikasi Android nanti, dimana teks tersebut adalah nilai dari variabel "hello_world". Kita coba ubah variabel dan nilai dari variabel tersebut. Misalnya saya ganti variabelnya menjadi "nama" dan nilai dari variabelnya menjadi " Nama : Kun Alfin Hidayat".
 
 
Setelah kita ubah script dari "string.xml", simpan dengan menekan ctrl + S, lalu kita edit bagian "activity_main.xml". Bagian yang kita ubah adalah variabel "hello_world" kita ganti menjadi variabel "nama" yang sudah kita definisikan tadi.
 


Setelah itu simpan script tersebut, lalu kita buka mode GUI, dan bisa kita lihat pada workspace teks "Hello World!" telah berubah menjadi menjadi "Nama : Kun Alfin Hidayat".

Untuk membuat teks selanjutnya, secara mudahnya kita bisa menggunakan editing mode GUI, lalu klik pada menu bagian kiri, klik pada "Form Widgets" lalu pilih jenis ukuran yang diinginkan. Misalnya saya menggunakan "text view", klik pada "text view" lalu drag dimana teks selanjutnya akan dibuat. 



Seperti langkah sebelumnya, dobel klik pada teks baru sampai berubah menjadi text mode editing. Ubah variabel dan value pada "strings.xml". Ubah pula variabel pada "activity_main.xml". Hingga akhirnya menjadi seperti pada gambar berikut 


Setelah selesai, kita coba run pada AVD yang sudah ada dengan cara klik "Run" pada menu bar , kemudian pilih "Run as" pilih AVD yang diinginkan. Hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut :


Semoga bermanfaat. ^__^d

No comments:

Post a Comment