Monday, April 21, 2014

Membuat dan Menulis File Dengan Aplikasi Android

Postingan kali ini, akan saya share teknik dasar membuat file (dalam hal ini file ekstensi "*.txt") pada aplikasi android yang kita buat sendiri.

Inti dari tutorial kali ini adalah pemanfaatan method "openFileOutput();" sebagai API yang menjembatani agar variabel yang disimpan masuk kedalam file "*.txt". 

Namun sebelumnya buat terlebih dahulu layout sebagai antar muka. Kali ini saya menggunakan Text Field untuk input dan sebuah Button sebagai eksekutor. Dan jangan lupa untuk melengkapi script layout tersebut. Misalnya menambahkan "android:inputType=text" pada script Text Field, "android:onClick=simpan" pada script Button. Dan elemen-elemen lain lain seperti yang tertera pada gambar.



Setelah layout dibuat, sekarang kita edit script .java-nya. Kita akan membuat method "simpan" yang akan di eksekusi oleh button yang sudah dibuat. Lalu tambahkan buat objek dari class "OutputStreamWriter" dengan paramater konstruktor method "openFileOutput("namaFile","modeOpenFile")". Mode Open file bisa bernilai berikut
  • MODE_PRIVATE (akan membuat file dan meng-overwrite file jika sudah ada), 
  • MODE_APPEND (akan membuat file baru jika tidak ada dan menggabungkan isi file jika sudah ada), 
  • MODE_WORLD_READABLE (membuat file bisa dibaca oleh aplikasi lain) dan 
  • MODE_WORLD_WRITEABLE (membuat file dapat ditulis oleh aplikasi lain)

Pada tutorial kali ini menggunakan "MODE_PRIVATE", sebelumnya buat sintaks "try - catch" untuk handle aplikasi apabila terjadi kegagalan dalam mengolah file. Selengkapnya ada pada gambar


Jika sudah kita coba run project yang sudah kita buat. Seharusnya tampilan project yang kita buat pada AVD terlihat seperti gambar. Dan saat kita menekan tombol button, akan muncul notifikasi yang menyatakan jika file yang kita buat sudah tersimpan.





Lalu bagaimana kita bisa tau apakah file tersebut sudah dibuat dan diisi dengan aplikasi yang kita buat tadi? Kita bisa gunakan fasilitas DDMS sebagai aplikasi file manager AVD yang kita gunakan. Caranya sebagai berikut. 

Klik menu "Window" pilih "Open Perspective" kemudian pilih "DDMS".


Jika sudah terbuka, pilih tab "File Explorer", file yang dibuat tadi berada pada directory "/data/data/namaAplikasi/files/namaFile.txt".



Kemudian jika kita ingin mengambil file tersebut, caranya klik file yang diinginkan, lalu pada bagian pojok kanan agak keatas klik "pull a file from device". Kemudian tentukan directory dimana file tersebut akan disimpan. Kali ini saya coba simpan file tersebut di "Desktop"saya.


Untuk mengecek apakah file tersebut berhasil ditulis atau tidak, gunakan teks editor yang tersedia. Saya coba gunakan "Geany" sebagai teks editor.


Semoga bermanfaat. ^___^d

No comments:

Post a Comment