Friday, August 25, 2017

GUI UNetbootin Tidak Muncul Pada Ubuntu GNOME


Bug on Unetbootin
Beberapa waktu yang lalu saat saya hendak mempartisi laptop adek saya menggunakan liveboot Ubuntu Gnome. Setelah menginstall Unetbootin dari repository bawaan, yang terjadi Unetbootin cuma muncul window-nya saja. Pilihan yang biasa muncul seperti media, sumber file iso juga tidak muncul. Setelah browsing sebentar, akhirnya nemu juga di forum Ubuntu.


Dalam forum tersebut juga disebutkan memang ada sedikit sedikit bug pada unetbootin yang menyebabkan masalah ini terjadi. Namun bug ini sudah di tutup dari pengembang unetbootin. Sehingga ada dua solusi, remove Unetbootin yang terinstall, lalu install lagi dengan menambahkan ppa, atau menambahkan parameter saat mengeksekusi unetbootin. Karena saat itu saya perlu cepat, maka saya memilih menambahkan parameter saat mengeksekusi unetbootin. perintah yang saya gunakan lengkap dan parameternya adalah sebagai berikut :
sudo QT_X11_NO_MITSHM=1 unetbootin
Tambahkan parameter saat eksekusi
Dan Voila!!!, Unetbootin bisa run normal kembali. Tapi tentu saja hal ini akan merepotkan karena kita harus mengeksekusinya dari terminal. Dan tidak semua orang mau repot atau berurusan dengan terminal, hehehehe...

Unetbootin kembali normal

Okelah kalo begitu, berikut adalah script yang bisa kita gunakan agar lebih praktis.

Buat sebuah file misal kita beri nama Unetbootin (dengan huruf U kapital). Bisa  menggunakan terminal atau langsung dari file manager, kemudian masukkan perintah berikut kedalam file Unetbootin tadi. Supaya lebih mudah, silahkan copy paste script berikut :
#!/bin/bash

gksu -u root "sudo QT_X11_NO_MITSHM=1 unetbootin"
Buat file dengan nama Unetbootin

Kemudian copy file Unetbootin tadi ke salah satu direktori yang termasuk pada variabel $PATH anda. Biasanya direktori /usr/bin adalah direktori yang masuk pada variabel tersebut. sehingga kita bisa mengcopy file Unetbootin tersebut ke direktori /usr/bin.

Dan jangan lupa tambahkan permission execute ke file Unetbootin dengan perintah :
sudo chmod 755 /usr/bin/Unetbootin
Setelah itu untuk memanggil script tadi, gunakan perintah run atau biasanya alt+f2. lalu ketikkan Unetbootin.

Eksekusi via run atau alt+f2
 Daaaannn... Unetbootin berhasil di panggil normal seperti biasa.

Unetbootin berjalan lancar

Semoga bermanfaat. :)

Referensi :

No comments:

Post a Comment