Wednesday, August 16, 2017

Install Go 1.8 di Ubuntu Server 14.04 LTS

Go Lang
Pagi ini saya dapat instruksi untuk upgrade aplikasi mounting S3 bucket yang bernama  Goofys ke versi yang lebih baru. Dan kendala yang saya alami mirip dengan issue yang ada pada repo official Goofys.

Disitu dikatakan perlu compiler Go versi 1.8 (saya belum cari lebih lanjut apakah Go itu interpreter atau compiler si hehehehe). Sedangkan pada repository Ubuntu server yang terinstall pada server kantor (masi pake 14.04.5 LTS) cuma ada versi 1.6, tidak tersedia versi 1.8

Packages Ubuntu 14.04.5
Setelah berselancar sebentar, sambil ngopi-ngopi dikit, ketemu deh repository ppa untuk install compiler Go versi 1.8. Langsung saja berikut adalah cara install Go pada Ubuntu server 14.04.

Pertama, seperti biasa, tambahkan repository milik jonathonf dengan perintah "add-apt-repository" dan pastikan output yang dihasilkan dari penambahan repository tadi berakhir dengan "OK" seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Jika kurang jelas bisa klik gambar agar lebih terlihat.

Output OK
Jika  terjadi error atau outputnya tidak seperti gambar disamping, mungkin koneksi internet anda ke server ppa ubuntu sedang bermasalah atau anda menggunakan versi ubuntu yang tidak tersedia source codenya pada server ppa.


Kemudian refresh repository servernya. Supaya lebih mudah, and bisa copy paste  perintah berikut :
sudo add-apt-repository ppa:jonathonf/golang-1.8
sudo apt-get update

Setelah refresh repo, kita bisa lihat Go lang 1.8 sudah ditambahkan ke daftar repo kita.
Versi 1.8 tersedia

Lalu, install dengan perintah :

sudo apt-get install golang-1.8
Kemudian, agar compiler Go dapat dipanggil langsung dari direktori manapun, kita bisa tambahkan path milik Go ke environment atau kita bisa buat symbolic link ke salah satu path environment kita (untuk cek path environment, gunakan perintah echo $PATH). 

Perhatian : untuk berjaga-jaga jika sebelumnya sudah menginstall compiler Go, ada baiknya backup file compiler Go yang sudah terinstall.
 
Saya akan menambahkan symbolic link Go ke /usr/bin. Sehingga perintah yang digunakan:

ln -s /usr/lib/go-1.8/bin/go /usr/bin/go

kemudian, untuk cek apakah compiler Go sudah siap, gunakan perintah :

go version
Go compiler sudah terinstall
Jika output yang dihasilkan sejenis dengan gambar diatas, maka kita siap menginstall Goofys dengan versi yang lebih baru. Untuk instalasi Goofys, akan saya tulis bisa anda lihat disini. 

Semoga Bermanfaat. :)

No comments:

Post a Comment