Tuesday, January 29, 2019

Cara Resize Disk Image Pada VirtualBox

Hardisk
Pada postingan lain, saya membahas tentang Virtualisasi dan VirtualBox. Nah bagi yang sudah menjalankan virtual machine dan ternyata kehabisan hardisk, jangan khawatir, kita bisa melakukan resize pada virtual disk yang ada. Inilah salah satu keuntungan lain pemanfaatan teknologi virtual, apabila resource yang digunakan oleh virtual sistem telah habis, maka kita bisa menambah atau mengupgrade spesifikasi virtual sistem selama komputer/server yang kita gunakan masih tersedia resource yang bisa dialokasikan.

Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu disk tersebut tidak digunakan oleh virtual machine yang sedang aktif dan menyala. Untuk list virtual hardisk yang ada di pada virtualbox kita bisa gunakan perintah :
VBoxManage list hdds
Ciri-ciri disk yang sedang digunakan adalah pada bagian "State", keterangan yang tertulis adalah "locked write". Sehingga kita tidak bisa mengubah spesifikasi disk pada kondisi tersebut. Cara termudah adalah dengan mematikan virtual machine tersebut. Pada catatan kali ini saya akan mencoba me-resize kapasitas dari virtual machine "Worker".
List disk dan Status

Saya akan menambah kapasistas virtual hardisk "Worker", dari 20480 MBytes (Atau 20 Giga Bytes) menjadi 64 Giga Bytes. Perintah yang digunakan adalah :
VBoxManage modifyhd "/Users/kahidna/VirtualBox VMs/Worker/Worker.vdi" --resize 65536
Proses Resize
Kemudian kita cek ulang dengan perintah dengan list virtual hardisk
Kapasitas Disk Worker Sudah Berubah
Bisa kita lihat Capacity virtual disk Worker sudah berubah. Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah merize partisi yang ada dalam sistem operasi. Cara termudahnya adalah dengan melakukan Live Boot menggunakan Linux. Bisa menggunakan distro Linux apa saja. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan distro linux Parted Magic yang versi lama. Karena versi terbaru dari parted magic sekarang berbayar. :P


Referensi :

No comments:

Post a Comment