Monday, February 25, 2019

Membuat User Baru di Centos Linux

User Baru Centos
Awalnya saya mengira cara membuat user baru pada Centos sama dengan perintah Ubuntu dan variannya, ternyata berbeda. hehehehe... 

Karena saya biasa berkutat dengan distro varian debian atau ubuntu, maka dari itu saya catet tutorialnya manatau saya lupa lagi. Oke, jadi kali ini  saya akan membuat user baru untuk Centos versi 7.0.

Perintah berikut adalah cara untuk membuat user baru pada Centos dan memberi hak akses root atau sudo pada user tersebut. Bagi yang belum tau sudo, sudo adalah perintah yang menyediakan mekanisme pada user biasa (non-root) agar memiliki hak administrator atau root. Ada beberapa cara untuk memberikan hak akses root kepada user, namun pada catatan kali ini saya akan menggunakan perintah bawaan Centos sehingga saya tidak akan mengubah file sudoer pada sistem.

Jika Anda ingin menambah akses sudo untuk pengguna yang sudah ada pada sistem, bisa langsung skip ke langkah terakhir. Untuk menambahkan user baru, kita bisa menggunakan perintah berikut :
adduser [username]
kemudian ubah password login user menggunakan perintah :
passwd [username]
maka anda akan muncul form untuk input password, ketik password yang a inginkan (karakter password memang tidak akan muncul). Setelah itu tekan enter. Kemudian ketik ulang password anda, lalu tekan enter.
New password:
Retype new password:
passwd: all authentication tokens updated successfully.
Output process perintah diatas, secara real kurang lebihnya seperti gambar berikut :
User Berhasil Dibuat

Menambah akses sudo ke user
Jika anda ingin user anda memiliki akses atau kemampuan untuk menjalankan perintah dengan sudo, kita bisa gunakan perintah :
usermod -aG wheel [username]
setelah itu coba kita login ke server dengan username tersebut atau kita bisa impersonate user tersebut dengan menggunakan perintah (pastikan berada pada posisi user root):
su [username]
kemudian coba lakukan perintah yang memerlukan perintah sudo, misalnya :
sudo yum search [nama_package]
Saya akan mencoba mencari package dengan nama bmon, jika user telah memiliki hak akses sudo maka output dari perintah diatas adalah sebagai berikut :
User alfin berhasil menggunakan sudo
Semoga bermanfaat. :)


referensi :

No comments:

Post a Comment