Sunday, March 3, 2019

Menghapus User Pada Centos Linux

Delete User Centos
Melanjutkan postingan sebelumnya, pasti kurang mantap dong kalo ada tutorial membuat user baru tapi tidak ada cara menghapus user di Centos Linux. 

Jangan lupa, sebelum menghapus user yang ada, pastikan data atau file pada direktori home user sudah terbackup atau memang sama sekali tidak terpakai, karena recovery data di Linux setau saya tidak mudah. Karena biasanya data sudah rusak permanen dan mungkin tidak bisa dikembalikan.

Oke, untuk menghapus user caranya cukup mudah. Pertama cek dulu username  yang akan kita hapus, bisa kita lakukan dengan perintah sebagai berikut :
cat /etc/passwd | grep -i [nama_user] 
User yang akan dihapus

Misal saya akan menghapus user "alfin". Pada output diatas kita tau username alfin ada dan memiliki directory home di /home/alfin. Kemudian kita hapus tersebut dengan perintah :
userdel -r [nama_user]
Parameter -r disini sifatnya opsional, jika ingin menghapus secara keseluruhan (termasuk direktori home, email-email pada user juga akan terhapus) kita perlu menambahkan parameter tersebut. Jangan lupa lakukan cek ulang apakah user berhasil terhapus atau tidak dengan menggunakan perintah yang sebelumnya telah kita gunakan :
Cek ulang user pada sistem
Meskipun eksekusi berhasil, pastikan juga directory home user alfin, apakah benar-benar sudah terhapus atau belum. Bisa di cek dengan perintah ls.
List directory user

Demikian, semoga bermanfaat. :)


Referensi :

No comments:

Post a Comment