Tuesday, February 26, 2013

Setting Terminal Default Ubuntu

Gnome Terminal
Bagi sobat yang suka bermain dengan terminal atau mode commandline, tidak menutup kemungkinan dalam satu distro yang digunakan terdapat lebih dari satu terminal emulator (selanjutnya saya sebut konsol). Untuk pengguna distro Ubuntu dan turunannya, tombol kombinasi ctrl+alt+t adalah kombinasi shortcut untuk “memanggil” konsol default yang tersedia dalam mode GUI. Untuk jenis konsol, sobat pembaca bisa membacanya disini 

Biasanya konsol yang digunakan secara default adalah konsol yang merupakan “bundling” daripada Desktop Environtment (selanjutnya saya singkat “DE”). Misalnya seperti saya. Saya menggunakan LXDE tapi rasanya kurang sreg dengan LXTerminal yang merupakan konsol dari LXDE. Sehingga saya instal “Gnome-terminal” sebagai ganti dari LXTerminal. Karena saya juga belajar ngoding (tapi pake konsol), maka saya juga instal “Terminator” yang mana kita bisa membagi “area kerja”nya menjadi 2 atau lebih. Biasanya saya bagi dua secara vertikal, sebelah kiri buat ngoding, sebelah kanan buat ngompile. Sehingga lebih nyaman untuk ngoding.

Tapi muncul kemudian muncul masalah baru. Setelah saya menginsal terminal, ternyata default terminal saya berubah. Semula kombinasi tombol ctrl+alt+t memang menggunakan LXTerminal, tapi setelah saya install Gnome-terminal, konsol defaultnya berubah menjadi Gnome-terminal, sesuai dengan harapan saya. Tapi setelah itu saya instal Terminator, apa yang terjadi? Defaultnya sekarang berubah menjadi Terminator. Secara saya rasa kurang cocok rasanya kalo aktivitas biasa koq pake Terminator. Lalu bagaimana cara mengubahnya? Haruskah saya instal lagi Gnome-terminalnya?


Ternyata tidak. Setelah browsing sebentar, saya menemukan cara untuk setting default konsol saat kita menekan tombol kombinasi ctrl+alt+t. Cekidot brow. :)

pertama buka konsol apa saja. Kemudian ketik atau copas perintah dibawah ini
sudo update-alternatives --config x-terminal-emulator
atau dalam gambar akan terlihat seperti ini



Setelah itu tekan enter maka akan muncul opsi untuk memilih termnal default seperti gambar berikut


jika kita tidak jadi melakukan perubahan, kita tinggal menekan tombol enter. Namun jika kita akan melakukan perubahan, kita bisa memilih konsol mana yang akan menjadi default dari kombinasi tombol ctrl+alt+t dengan memilih nomor pada kolom “selection”. Misalnya saya akan menjadikan Gnome-terminal sebagai default. Maka saya tinggal mengetikkan angka “1” kemudian tekan enter. Maka akan keluar keterangan yang menunjukkan bahwa Gnome-terminal telah menjadi konsol default kita. 


Semoga bermanfaat.  ^__^d

No comments:

Post a Comment