Thursday, August 9, 2012

Galau Lagi

SNMPTN
Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas “Kegalauan Diakhir Masa SMA”. Kali ini, kita akan bahas kegalauan yang melanda para mahasiswa baru yang baru saja diterima sebagai keluarga besar Universitas. Tidak sedikit diantara para pelajar yang baru saja lulus dari SMA, namun belum mendapatkan perguruan tinggi negeri. Sehingga mungkin mereka kecewa, galau getoo..



Bagi mereka yang memiliki uang lebih, mungkin bisa mengikuti ujian mandiri yang diadakan Universitas. Lalu bagaimana dengan yang belum memiliki uang lebih? Berarti mereka harus mengikuti SNMPTN tahun depan jika ingin kuliah diperguruan tinggi. Ada lagi yang aneh, udah dapet perguruan tinggi negeri, tapi ternyata baru kuliah beberapa minggu uda ngrasa ga nyaman. Mungkin karena dia salah pilih jurusan. Trus ikut-ikutan galau juga.

Nah, kali ini saya akan share ilmu ke sobat kegalauan yang biasanya melanda para MaBa alias Mahasiswa Baru. Cekidot sob :


Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta


Saya yakin, tidak sedikit yang merasa sedih saat pengumuman SNMPTN ternyata pengumumannya berbunyi semisal "maaf anda belum diterima diPTN yang anda pilih" dan saudara-saudara kalimat itu. ada yang sedih, ada yang galau ada yang gualau buanget. Sama si kayak gue, :(
hehehehehe... :D ^_^v

Apalagi diantara teman dekat kita, hanya kita yang kuliah swasta. hiks.. hiks.. T.T cup... cup... dah jangan nangis. Nanti kita beli Ferrari bareng-bareng yah. miniaturnye aje tapi.. :P

Kuliah di swasta tidaklah seburuk yang slalu kita bayangan. Saya akan bahas beberapa kelebihan dan kekurangan perguruan tinggi swasta di bahasan berikutnya. so, sering-sering kunjungi kita ya, ;)

Buang jauh pemikiran orang sukses pasti kuliah di perguruan tinggi negeri. Bakar pemikiran orang berhasil harus dijurusan yang bergengsi dan berbiaya mahal!! Setiap orang sudah ditentukan sendiri-sendiri jalan suksesnya sob. Tinggal kita mau mencarinya atau tidak. Tidak semua yang kuliah berbiaya mahal pasti jadi orang sukses. Ada memang yang sukses, tapi juga tidak sedikit yang gagal. Kembalikan masalah ini pada Tuhan dan berprasangka baiklah, bahwa ini adalah jalan sukses yang telah Tuhan rencanakan untuk kita. Kobarkan kembali semangat belajar kita. B)

Jangan Sesali Jurusan

Udah dapet kampus. Dapet jurusan yang diinginkan, eh malah malas yang muncul. Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi bisa saja terjadi. Seperti yang sudah saya katakan, memilih jurusan yang kita sukai itu perlu. Karena hal itu bisa membantu merefresh kembali semangat belajar kita. karena itu memilih jurusan yang tepat adalah hal penting. lalu bagaimana kalo sudah terlanjur memilih?

Bagi yang memiliki uang bisa pindah atau mengundurkan diri. namun bagi yang berekonomi tengah kebawah hal ini bisa jadi hal memberatkan. Biasanya penyesalan ini muncul saat kita menerima matakuliah yang sulit. ingatlah, kuliah tidak hanya satu matakuliah saja. dan dalam pembelajaran kuliah kita juga belajar hal lain yang kiranya bisa mendukung kualitas diri kita pasca kuliah nanti. Sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Terlebih lagi itu bukanlah satu alasan yang kuat untuk menyesali jurusan yang sudah sobat pilih. Kuatkan kembali tekad dan ingat kembali target apa hendak sobat capai setelah lulus nanti.

Lingkungan Bukan Hambatan

Lingkungan yang saya maksud adalah semua komponen ada dalam kampus. entah itu pengajar, fasilitas kampus, teman dan elemen-elemen dalam universitas. Akibat merasa kurang nyaman dengan lingkungan kelas atau dosen, sering membuat mahasiswa putus asa dalam proses pembelajaran. Kalo soal dosen, pengajar di kampus tidak hanya dosen yang mungkin saat itu tidak sobat sukai sifatnya saja, pasti ada dosen atau kakak kelas yang bisa membantu kita dalam memahami pelajaran yang kita kesulitan menyerapnya saat di dalam kelas. Karena itu perbanyak kenalan, supaya media ilmu masuk dalam diri kita lebih banyak. Soal teman ataupun lingkungan let it flow, kuliah ini punyamu sob. Sobat sendiri yang mengemudikannya. Kalau kita terus-terusan terpuruk, ya kita sendiri yang rugi. Cobalah untuk mengikuti suatu kegiatan mahasiswa atau komunitas yang sobat sukai. Hal itu bisa membantu kita menambah ilmu sekaligus melepas kepenatan setelah kuliah. Yakinlah pasti akan ada lingkungan yang tepat dengan dosen yang menyenangkan suatu saat nanti selama sobat kuliah.

Jangan Anggap Remeh Kuliah

Sangat sayang ketika kita harus mengeluarkan jutaan uang, namun kita seperti melewatkannya. Perhatikan saja, berapa juta uang yang harus dikeluarkan saat kita pertama kali masuk kuliah? Mungkin yang berasal dari keluarga mampu tidak terlalu mempermasalahkannya, bagaimana dengan keluarga berekonomi tengah kebawah?

Karena kegalauan yang timbul berlebihan, kadang kita menganggap enteng atau masa bodoh dengan kuliah kita. Jangan sampai hal ini terjadi sob. ketika hal ini terjadi, ingatlah, diluar sana orangtua kita bekerja keras membiayai kita. beliau cuma pengen putra/putrinya sukses. Atau ingat juga mereka yang tidak bisa kuliah karena berbagai faktor.

Kita patut bersyukur karena Tuhan masih memberi kita kemudahan untuk bisa menuntut ilmu di jenjang pendidikan yang tidak murah ini. karena itu recover semangat dan semangat belajar itu perlu. kuliah bukan cuma maenan. harus punya nilai lebih. tunjukkan kalau kita bisa!! ^.^/

bersemangatlah dalam belajar
cita-citamu pasti berhasil
bersemangatlah dalam berkarya
engkau pasti akan berjaya

ayo kita semangat
untuk menggapai impian
jangan kamu berputus asa
dengan bekerja keras
kita pasti kan berjaya
ayo luapkan semangatmu.. ^_^

No comments:

Post a Comment